Share a General Science : The Farm, Papers, Internet, Computer, Blogging.

Monday, January 1, 2018

Cara Mudah Akun Tidak Di Hack

Kejahatan di dunia digital memang tidak ada hentinya. Apapun yang berhubungan dengan dunia internet, pasti tidak mungkin pernah lepas dari yang namanya peretasan. Itu artinya, segala proses yang berhubungan dengan internet, tidaklah 100% aman.
Saat ini, kegiatan bobol membobol atau hacking tidaklah sulit untuk dilakukan. Banyak artikel - artikel yang tersebar di internet yang menjelaskan tentang bagaimana melakukan hacking, salah satunya adalah cara mombobol akun. Nah, untuk itu saya akan membagikan informasi mengenai lima cara mudah agar akun kamu tidak mudah di hack. Berikut ulasannya.

Gunakan VPN

Virtual Private Network atau disingkat VPN merupakan salah satu tools yang paling ampuh untuk kamu gunakan dalam melindungi akun kamu. Sesuai dengan namanya, VPN akan memberikan kamu akses keamanan yang tinggi ketika berselancar di internet.
Tidak hanya itu saja, VPN juga sangat berguna ketika kamu menggunakan Wi-Fi umum yang memiliki tingkat keamanan sangat rendah. Karena jaringan umum seperti itu sangat mudah sekali melacak segala aktivitas kamu ketika terhubung dengannya. Nah, dengan menggunakan VPN tentu bisa menyembunyikan alamat IP kamu dan semua informasi kamu tetap aman.

Hindari Penggunaan WiFi Umum

Hampir semua orang pasti senang ketika memakai internet gratis. Namun, dibalik itu, secara tidak sadar kamu justru telah memberikan kesempatan kepada para hacker untuk membobol akun kamu. Sebab, para hacker tersebut bisa saja meletakkan malware untuk meretas perangkat kamu.
Seperti yang telah disebutkan pada cara pertama, mungkin kamu bisa menggunakan VPN ketika mengakses WiFi gratis. Meski demikian, saya sangat tidak menyarankan kamu untuk menggunakan WiFi umum karena bagaimana pun yang namanya hacker pasti punya 1001 cara untuk meretas akun seseorang sekalipun memakai VPN.

Jangan Menghubungkan Setiap Akun

Jujur deh, pasti kamu seringkan menghubungkan akun media sosial kamu? Ternyata hal ini sangatlah berbahaya. Karena secara tidak langsung kamu telah memberikan kemudahan kepada para hacker untuk membobol semua akun kamu dalam sekejap saja. Dengan begitu, si hacker pun dapat dengan mudah mengontrol akses semua akun media sosial kamu. Oleh sebab itu, pastikan kamu jangan pernah menghubungkan setiap akun media sosial yang kamu miliki.

Manfaatkan Verifikasi Dua Langkah

Umumnya, setiap media sosial telah menyediakan fitur yang bernama verifikasi dua langkah atau Two-step verification. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi pengguna media sosial dalam melindungi akunnya. Memang sih cara ini bisa dibilang sangat membuang waktu.
Namun, demi keamanan akun tidak ada salahnya jika kamu menggunakan fitur tersebut. Karena dengan melakukan cara ini, akun kamu bisa tetap terjaga dengan baik. Jadi, kamu bisa membuat para hacker bersusah payah dahulu ketika membobol akun kamu hingga akhirnya diapun putus asa. Alhasil, akun kamu pun gak jadi di bobol deh!

Jangan Gunakan Password Yang Sama Pada Setiap Akun

Untuk cara yang terakhir ini mungkin cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi jika kamu memiliki banyak akun, terlebih lagi akun media sosial. Biasanya alasan orang menggunakan password yang sama pada setiap akun mereka adalah agar mudah diingat.
Memang sih tidak mudah untuk mengingat semua password yang berbeda - beda pada setiap akun. Meski begitu, tetap saja menggunakan password yang sama pada setiap akun merupakan hal yang berbahaya. Pasalnya, dengan begitu kamu akan memberikan kemudahan kepada para hacker untuk membobol semua akun kamu.
Oleh sebab itu, lebih baik jangan menggunakan password yang sama pada setiap akun yang kamu miliki agar akun kamu tidak mudah diretas oleh para hacker.

Itulah Beberapa Cara Mudah Agar Akun Kamu Tidak Mudah Di Hack. Jika kamu punya cara lain silahkan share di kolom komentar ya.


EmoticonEmoticon